header image
Home arrow Pengobatan Rasional arrow Pengobatan Rasional arrow Obat Flu dan Ibu Hamil -
Obat Flu dan Ibu Hamil - PDF Print E-mail
Written by Azril Kimin   

          Infeksi saluran nafas atas  atau  common cold yang oleh orang awam sering disebut sebagai flu adalah infeksi virus yang paling sering menyerang manusia. Menurut statistik setidaknya manusia dewasa diserang penyakit ini 2 kali setahunnya. Anak-anak lebih kerap lagi – bisa sampai 12 kali pertahun.  Dengan demikian dapat dipastikan para ibu hamil kemungkinan besar akan mendapat penyakit ini di masa hamilnya.

            Bagi para ibu hamil yang sadar ada ancaman bahaya penggunaan obat, tentu banyak yang ragu menelan obat yang diberikan. Apalagi kalau dokter lupa meyakinkan si ibu bahwa obat yang diberikan tersebut aman bagi ibu hamil.  Karena itulah di apotik pertanyaan keamanan obat yang sering ditanyakan adalah tentang keamanan obat flu, batuk dan antibiotik untuk ibu hamil.

        Mengacu kepada  pada artikel sebelum ini, untuk mengatasi meriang/ demam lebih baik dipilih  paracetamol (Panadol Biru, Biogesik Tablet dsb) yang termasuk kategori B Pregnancy Risk ratio.  Yang kurang aman adalah Ponstan dan obat flu kombinasi (gabungan paracetamol, antihistamin dan obat pelonggar nafas).

   Jika diperlukan, antibiotika yang cukup aman adalah yang masuk kategori B: Amoxicillin (amoxil, amoxan, kalmoxillin dsb), cefadroxil (cefat,cefspan, cefachlor) cukup aman. Yang kurang aman adalah Tetracyclin (kategori D), Ciprofloxacin (kategori C). Obat batuk yang aman adalah Obat Batuk Hitam (jangan yang dengan embel-embel Plus).


Prinsip menggunakan obat kala hamil

1.      Pertimbangkan mengatasi penyakit tanpa menggunakan obat, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan.

2.      Obat hanya digunakan bila manfaat yang diperoleh ibu lebih besar dibandingkan kemungkinan resiko yang bakal terjadi pada janin.

3.      Apabila harus menggunakan obat, pilihlah obat yang telah dikenal secara luas. Hindarilah penggunaan obat yang baru beredar karena belum cukup waktu untuk mengetahui keamanannya.

4.      Hindari penggunaan obat polifarmasi – menelan berjenis-jenis obat (4 jenis lebih)

5.      Cari tahu  apakah obat yang akan digunakan aman sesuai kategori keamanan obat bagi ibu hamil (lihat artikel sebelum ini). Bagi yang suka browsing di internet informasi dapat diperoleh di www.safefetus.com. Informasi lain dapat diperoleh dari Buku MIMS (Indonesian Index Medical Spesialite) berbahasa Indonesia terbaru yang banyak dijual di toko buku Gramedia dan Gunung Agung. Di halaman-halaman depan buku ini terdapat indeks obat dan kategori resiko untuk ibu hamil yang cukup lengkap.

Lihat juga artikel terkait: Obat Dan Kehamilan

<Previous   Next>
batas.gif
ASSOCIATED PRESS
AP Top Health News At 3:17 a.m. EDT
Reuters: Health News
Reuters: Health News
Custom Search
 Powered by MIMS.com