header image
Home arrow Berita arrow BERITA MEDIS arrow Hydroxycut: Pelangsing Tubuh Perusak Hati
Hydroxycut: Pelangsing Tubuh Perusak Hati PDF Print E-mail
Written by Azril Kimin   

herbal.jpg

Hydroxycut, merek obat herbal pelangsing tubuh yang laris di AS, dan juga beredar di lebih 70 negara di dunia mendapat pukulan telak dari otoritas obat dan makanan AS, FDA. Pada 1 Mei 2009, FDA mengingatkan konsumen AS untuk tidak menggunakan produk Hydroxycut mengingat adanya ancaman bahaya bagi kesehatan hati pemakainya . Larangan ini dikeluarkan setelah FDA menerima 23 laporan serius mengenai gangguan kesehatan yang berkaitan dengan penggunaan obat pelangsing hydroxycut. Pengumuman ini lalu dipatuhi oleh Iovate Health Sciences, distributor hydrocycut untuk AS dengan menarik peredaran 14 produk hydrocycut di AS. Produk yang ditarik tersebut adalah:

  * Hydroxycut Regular Rapid Release Caplets
  * Hydroxycut Caffeine-Free Rapid Release Caplets
  * Hydroxycut Hardcore Liquid Capsules
  * Hydroxycut Max Liquid Capsules
  * Hydroxycut Regular Drink Packets
  * Hydroxycut Caffeine-Free Drink Packets
  * Hydroxycut Hardcore Drink Packets (Ignition Stix)
  * Hydroxycut Max Drink Packets
  * Hydroxycut Liquid Shots
  * Hydroxycut Hardcore RTDs (Ready-to-Drink)
  * Hydroxycut Max Aqua Shed
  * Hydroxycut 24
  * Hydroxycut Carb Control
  * Hydroxycut Natural

       Varian yang ditarik dari peredaran di AS hanya sebagian kecil dari produk hydroxycut yang beredar. Diperkirakan 750 varian hydroxycut beredar luas di dunia . Selama ini hydroxycut dikenal sebagai penghasil obat herbal, khususnya suplemen pembakar lemak, pengencang otot dan pelangsing tubuh. Iklan dan penjualannya marak di TV lokal AS dan internet. Dan sebagaimana layaknya obat herbal selalu dikampanyekan bebas dari efek samping. Banyak sekali klub senam komersil (body building) di dunia ini yang menganjurkan dan menjual produk hydroxycut sebagai bagian dari prosesi “pengurusan badan” setelah melakukan kegiatan senam.  Begitu pula wahana senam di Indonesia yang  beranggotakan kalangan atas. Malah sebuah pusat gymnastic di Surabaya gencar menjual produk ini, yang dapat kita saksikan lewat websitenya: http://verticalgym.indonetwork.or.id


Berbahaya Karena hydroxycitric acid?
       Di AS dan di banyak Negara lainnya, produk obat herbal memang tidak seketat obat modern ijin peredarannya. Penarikan dan pelarangan biasanya baru dilakukan bila setelah beredar diketemukan banyak efek samping. Kandungan hydroxycut untuk pelangsing, umumnya mengandung zat yang berasal dari herbal, seperti garcinia cambogia, gymnema sylvestre, chromium polynicotinate, caffeine, dan green tea. Menurut seorang pengamat kesehatan di AS, merebaknya efek samping dari produk hydroxycut belakangan ini boleh jadi disebabkan pabrik hydroxycut di Kanada merubah komposisi kandungan herbal di dalamnya. Ada dugaan produk herbal terakhir mengandung kadar hydroxycitric acid (dari garcinia cambogia) lebih tinggi, sehingga membahayakan pemakainya ( apotekputer.com).


User Comments

Comment by wahyu_fp on 2010-01-26 08:04:59
thanks for da information :)

Comment by on 2010-02-04 21:43:24
mohon informasi.. 
Garcinia cambogia itu sejenis tumbuhan apa? Trus tubuh kita boleh mengkonsumsinya dalam 1 hari berapa banyak dalam batas aman biar gak ada komplikasi ke organ tubuh? Terima kasih..

Comment by on 2010-09-19 23:03:22
bah! sama ,aku baru beli kemarin baru aja makan sebiji ,sisanya mo diapain ya? apalagi spgt,sgot ku tinggi pulak,glekkk....!!!

Comment by Ginza on 2010-09-18 09:35:26
Waduh... gue malah baru bli yang 210 capsul tuh....

Comment by on 2010-10-26 21:33:49
lah ga da salahnya utk mengonsumsi itu tapi ada batasanya gw dulu pernah pake memang tu obat manjur bgt dalam satu bulan turun 3kg lemak kebuang dari kotoran ....pesan gw kalo udah habis minum obat itu banyakin minum air n makan buah biar fungsi internal gak ke ganggu n satu hal lagi setelah selesai satu botol kasih istirahat paling tidak 3 minggu biar sistem tubuh gak rusak...

Comment by wiyono on 2010-11-21 03:57:18
gpp kok yg skrg hydroxycut pro series cukup aman..malah laris kok... ada yg isi 120 caps dan 210 caps...yg penting jgn berlebihan minumnya..dan yg penting dikontrol makanan yg masuk ke tubuh

Please login or register to add comments

<Previous   Next>
batas.gif
ASSOCIATED PRESS
AP Top Health News At 3:17 a.m. EDT
Reuters: Health News
Reuters: Health News
Custom Search
 Powered by MIMS.com