header image
Home arrow Pengobatan Rasional arrow Pengobatan Rasional arrow Obat Batuk/ Flu Bebas Hanya Untuk 4 Tahun Ke Atas -
Obat Batuk/ Flu Bebas Hanya Untuk 4 Tahun Ke Atas - PDF Print E-mail
Written by Azril Kimin   
Oct 08, 2008 at 07:33 AM

 

       Apa yang dilakukan orang tua bila anaknya flu atau batuk? Selain pergi ke dokter, tentu ada pula orang tua yang mengobati sendiri anaknya dengan membeli obat flu dan batuk yang dijual bebas. Tetapi perlu diingat, semakin muda usia si anak, makin rentan si anak terhadap efek samping dan bahaya penggunaan obat bebas ini. Karena itu biasanya brosur/ label yang terdapat pada obat bebas tersebut tidak menganjurkan penggunaan obat pada bayi/ anak bila usianya masih di bawah 2 tahun. Jika usia kurang dari 2 tahun dianjurkan mengikuti petunjuk dokter.

       Kini  batas minimal umur yang aman untuk penggunaan obat bebas tersebut akan dinaikkan lagi. Pabrik Farmasi di Amerika Serikat obat flu.jpgkini bersepakat bahwa obat bebas (OTC) untuk batuk dan flu  yang mereka produksi hanya diperuntukkan untuk anak usia 4 tahun ke atas, tidak lagi untuk 2 tahun ke atas seperti yang berlaku saat ini. Karena itu, tulisan "untuk anak usia 2 tahun ke atas" seperti yang tertera pada banyak obat batuk dan flu berbentuk sirup yang dijual bebas akan berganti menjadi "untuk 4 tahun ke atas".

Keputusan ini agaknya diambil untuk merespons (sebagian) permintaan para dokter anak Amerika serikat yang meminta

 FDA melarang anak di bawah 6 tahun menggunakan obat batuk dan obat flu bebas ketika mereka sakit.  Ada beberapa alasan mengapa obat bebas tersebut dinaikkan batasan umur penggunaannya. Pertama, belum ada bukti ilmiah obat bebas tersebut memang sudah bermanfaat buat anak-anak usia 6 tahun ke bawah. Ke dua, sudah banyak kejadian efek samping/ kecelakaan yang membahayakan nyawa anak-anak karena penggunaan sembarangan obat bebas tersebut. Hal ini diduga karena dosis anjuran pada label obat bebas tersebut menggunakan umur sebagai patokan, bukan berat badan.

Bagaimana dengan obat batuk dan flu yang beredar di Indonesia? 

Jika kita melihat kemasan obat bebas batuk dan flu di Indonesia, batas bawah umur pengguna yang tertera umumnya  sama seperti di Amerika Serikat:  2 tahun. Tetapi ternyata banyak juga minimal  usia pengguna yang tertera pada kemasan obat di Indonesia lebih "maju" dari yang akan diberlakukan oleh industri farmasi di Amerika Serikat. Apotekputer.com mencatat, ada beberapa  obat flu dan batuk bebas yang label peruntukannya untuk 6 tahun ke atas. Setidaknya ini dapat dilihat pada kemasan Mextril sirup, Konidin sirup, Nellco spesial sirup, Fludane sirup, Fludexin sirup dan Cosyr sirup. (apotekputer.com)

 

<Previous   Next>
batas.gif
ASSOCIATED PRESS
AP Top Health News At 7:11 p.m. EDT
Reuters: Health News
Reuters: Health News
Custom Search
 Powered by MIMS.com