header image
Home arrow Pengobatan Rasional
LUKA BAKAR: ANTARA RASIONAL Vs MITOS-
Written by Azril Kimin   

Banyak masyarakat yang panik bila terpapar api, tersiram air mendidih atau minyak panas. Entah siapa yang mengajarkan, banyak korban yang mengoleskan kecap, minyak kelapa, mentega dan malah odol di kulit bila mengalami kejadian luka bakar. Benarkah cara tersebut?

Luka Bakar adalah kerusakan pada kulit yang disebabkan panas, zat kimia dan listrik. Berdasarkan keparahannya, luka bakar dapat dibagi 4, yakni:

1. Luka Bakar Tingkat Pertama, jenis luka bakar paling ringan. Kerusakan hanya terjadi pada lapisan epidermis kulit. Luka bakar ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan jaringan parut. Kulit akan bewarna merah dan memberikan rasa nyeri.


Read more...
ALKOHOL DALAM OBAT -
Written by Azril Kimin   

    Sekitar 25 tahun silam, ramai polemik di surat kabar ibu-kota mengenai keberadaan etanol dalam suatu obat penurun panas yang sangat populer dan mendominasi pasar saat itu . Sebagian kalangan mempersoalkan bahaya etanol (alkohol) dalam campuran obat tersebut. Mereka berpendapat etanol yang digunakan sebagai pelarut paracetamol - zat utama penurun panas, diperkirakan dapat menimbulkan bahaya bagi si bayi. Si mungil yang baru lahir belum memiliki sistem yang sempurna untuk memetabolisme alkohol sehingga cenderung menimbulkan kelainan syaraf nantinya. Pada saat itu memang hampir semua obat penurun panas, obat flu dan batuk yang berbentuk sirup mengandung etanol sebagai pelarut. 

Read more...
SEKILAS LINTAS TENTANG DEMAM -
Written by Azril Kimin   

    Bila suhu tubuh naik lebih satu derajat dari suhu normal dan menimbulkan ketidaknyamanan , kita menyebut hal ini sebagai demam. Secara awal demam dapat diketahui dari perasaan lebih panas pada perabaan di kepala, leher dan tubuh. Pengukuran lebih akurat dilakukan dalam keadaan istirahat dengan thermometer pengukur suhu tubuh. Seseorang dapat dikatakan demam bila suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius. Penderita demam sering menggigil dan merasa kedinginan bila suhu tubuh naik beberapa derajat secara mendadak.
        Pada dasarnya demam adalah alarm tubuh yang diberikan sang pencipta kepada kita, yang memberitahukan bahwa telah terjadi sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Demam. memang gejala yang dapat berdiri sendiri atau bagian dari kumpulan gejala suatu penyakit.

 

Read more...
MEMILIH OBAT YANG TAK BIKIN SAKIT (KANTONG)
Written by Azril Kimin   

    Tak bisa disangkal obat adalah benda yang paling didambakan bila kita sakit. Berapapun harganya obat mesti diupayakan agar kondisi tubuh kembali nyaman dan sehat. Adakalanya masyarakat membeli langsung obat ke apotik/ toko obat berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya dalam mengatasi keluhan penyakit. Adakalanya pengetahuan tersebut amat terbatas sehingga memerlukan pertolongan orang lain dalam mengatasi penyakit. Pergi ke dokter adalah pilihan yang tepat. Selain untuk memastikan jenis penyakit, mendapatkan resep obat yang cocok merupakan tujuan utama. Namun sayang, pergi berobat ke dokter atau ke rumah sakit sering menciutkan nyali banyak orang, kuatir biaya tinggi yang mesti dikeluarkan.
Read more...
MEMBELI OBAT LEWAT INTERNET -
Written by Azril Kimin   


    Membeli barang lewat internet sekarang mulai trend. Dari buku, komputer, DVD sampai furniture. Selama situs dapat dipercaya, membeli barang lewat internet aman-aman saja. Namun statemen ini agaknya tidak berlaku membeli obat lewat internet? Mengapa demikian? Ada baiknya kami kutipkan peringatan WHO (World Health Organization) dalam hal membeli obat lewat internet, agar masyarakat tidak tertipu seperti yang sudah banyak terjadi selama ini. Berhati-hatilah dalam membeli produk medis di Internet ( WHO: Regulatory Support Series, No. 8)
    Produk medis sering ditawarkan diskon di Internet. Menawarkan diskon dan menjual produk medis atau membeli produk medis dari negara lain melalui Internet mungkin illegal. Maka dari itu, sebelum membeli sebuah produk, Anda harus mencari tahu apakah itu legal atau tidak. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli produk medis melalui Internet, berhati-hatilah, karena Anda dapat memberikan risiko terhadap kesehatan Anda dan menyia-nyiakan uang Anda. Konsultasikan dahulu dengan ahli kesehatan Anda sebelum mengobati sendiri.

Read more...
ANTARA OBAT LAMA DAN OBAT BARU -
Written by Azril Kimin   
    Jangan abaikan obat lama, dan jangan anggap obat yang baru beredar sebagai obat paling baik,” demikianlah nasihat ahli farmakologi yang sering dikumandangkan. Pendapat ini untuk menggugah masyarakat agar lebih rasionil dalam mengkonsumsi obat.
Hal ini dapat dimengerti mengingat semakin lama suatu obat digunakan secara luas oleh masyarakat, semakin banyak sifat-sifatnya yang dikenal. Apabila sifat buruknya jauh lebih sedikit dari sifat baiknya - apalagi sifat tersebut dapat dihindari/ dinetralisir, niscaya obat ini akan lebih langgeng di peredaran. Sebaliknya, bila ada efek samping membahayakan atau tidak efektif niscaya akan dijauhi dan tersingkir dari pemasaran seperti halnya thalidomide.
    Salah satu obat yang sudah lama beredar didunia adalah amoxycillin. Obat anti infeksi ini pertama kali beredar pada 1969, 43 tahun lalu. Fakta menunjukkan, walau banyak antibiotika broad spectrum baru dengan berbagai kelebihannya, amoxicillin tetap leading di pasaran obat dunia. Walau banyak laporan yang menyebut sudah banyak yang bakteri yang resisten terhadap obat ini, amoxycillin masih dianggap obat yang masih banyak manfaatnya di muka bumi ini. Di Amerika serikat misalnya, amoxicillin masih menempati 10 besar obat terlaris, sedang di Indonesia merupakan obat yang paling banyak digunakan untuk mengobati penyakit infeksi pada 2006.


Read more...
Kompres Panas Atau Dingin? -
Written by Azril Kimin   

       Sebelum tahun 2000, hampir semua orang tua menggunakan kain lap yang dibasahi air dingin atau air es untuk mengompres anak bila demam, seperti yang dianjurkan tenaga medis dan buku-buku kesehatan. Namun beberapa tahun belakangan mulai muncul anjuran dari dunia medis untuk menggunakan kompres panas atau air hangat, yang seakan-akan menyalahkan teori kompres masa lalu. Banyak orang tua yang bingung dengan fenomena ini, metode kompres apa yang akan dipilih.

Read more...
Lain Padang Lain Nama Obat -
Written by Azril Kimin   

Kalau ke luar negeri jangan lupa sangu obat. Apalagi kalau punya penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi, sudah selayaknya membawa obat-obat yang rutin dikonsumsi. Membeli obat di luar negeri mungkin juga bisa, tapi karena perbedaan sistim dan lokasi yang belum dipahami, bisa-bisa anda akan mengalami banyak kerepotan nantinya. Di samping itu, banyak obat yang populer di negara kita ternyata tidak dikenal di sana. Dan ini yang bikin pusing: nama dagang atau merek obat yang sama belum tentu isinya sama di negara lain, seperti contoh dibawah ini.

 

 

Read more...
Paracetamol: Komponen Obat Flu Paling Populer -
Written by Azril Kimin   

Sebut saja nama sebuah obat demam panas atau obat flu, pasti isi utamanya adalah paracetamol. Paracetamol adalah zat berkhasiat yang terkandung dalam ratusan obat flu, sakit kepala dan penurun panas yang iklannya sering muncul di pelbagai media. Paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, sirup dan juga suppositoria. Di Indonesia sering terdapat dalam resep racikan anak.

 

Read more...
OBAT DAN KEHAMILAN -
Written by Azril Kimin   

     Sikap berhati-hati menggunakan obat perlu dimiliki wanita hamil. Sikap itu didasari kenyataan terpengaruhnya calon bayi bila wanita hamil menggunakan obat yang sebagian besar merupakan bahan kimia itu. Namun sikap ini jangan pula dilanjuti ketakutan menggunakan obat. Kalau memang diperlukan, obat akan jauh bermanfaat.
Masa kehamilan dibagi dalam 3 tahap. Tahap pertama disebut trisemester pertama kehamilan (tiga bulan pertama masa kehamilan). Tahap ini merupakan tahap paling kritis karena pada tahap ini berlangsung proses pembentukan organ-organ penting bayi. Dalam tahap ini janin sangat peka terhadap kemungkinan kerusakan yang disebabkan obat, radiasi dan/ atau infeksi yang menyerang. Penyebab kerusakan terhadap calon bayi tersebut disebut teratogen. Pemberian obat-obat tertentu boleh jadi akan memberikan kecacatan lahir.

Read more...
<< Start < Previous 1 2 Next > End >>

Results 19 - 28 of 28
batas.gif
ASSOCIATED PRESS
AP Top Health News At 7:42 p.m. EDT
Reuters: Health News
Reuters: Health News
Custom Search
 Powered by MIMS.com